Monday 15 July 2024

Kaliurang Part 1 (Suraloka Interactive Zoo)

 

sumber foto : koleksi pribadi

Libur ke Jogja kali ini tujuannya agak jauh dari rumah dan ke sisi Utara Jogja. Mana lagi kalo gak ke daerah Kaliurang dengan beragam pilihan objek wisatanya. Sengaja dipilih Kaliurang biar dalam satu hari bisa mendapatkan beberapa objek wisata sekaligus.

Lokasi yang dipilih pertama adalah Suraloka Interactive Zoo. Dengan pertimbangan waktu yang masih pagi sehingga gak kepanasan selama menikmati kunjungan di Suraloka. Terletak di Jalan Boyong No.97 Hargobinangun, Pakem, Sleman, kami membutuhkan waktu kurang lebih selama 60 menit dengan jarak tempuh sekitar 26 km.

Ada pintu gerbang utama yang kami temui, semacam pintu gerbang untuk menuju beberapa lokasi yang sejalan. Salah satunya adalah Suraloka Interactive Zoo. Di sini kami hanya membayar Rp. 12.000,- untuk 3 orang dewasa dan 1 anak-anak. Kemudian kami melanjutkan perjalanan dan sampailah di area parkir Suraloka Interactive Zoo yang berada di seberang pintu masuk utama.

Setelah melewati pintu masuk utama terdapat restoran dan musholla di sebelah kanan dan juga kebun anggrek di sebelah kiri. Anggrek yang ada merupakan anggrek yang dibudidayakan sehingga pengunjung dapat membeli sebagai oleh-oleh.

Lokasi berikutnya adalah tiket masuk. Terdapat beberapa macam paket yang ditawarkan, tentu saja dengan beberapa wahana yang berbeda. Untuk tiket terusan Paket Bermain seharga Rp. 50.000,-, Paket Petualang seharga Rp. 100.000,- dan Paket Jelajah seharga Rp. 150.000,-. Bagi yang tidak menginginkan paket maka harga tiket masuknya adalah Rp. 35.000,-. Masing-masing wahana yang ditawarkan ada tiket tersendiri.

sumber foto : koleksi pribadi

Melihat wahana yang ditawarkan pada masing-masing paket sepertinya lebih cocok bagi usia PAUD dan TK, maka kami putuskan untuk memberli tiket biasa (non paket). Tiket berupa kertas yang digelangkan pada pergelangan tangan masing-masing, dan dipasang di depan pintu masuk.


Sumber foto : koleksi pribadi

Satwa pertama yang dilihat adalah Alpaca, Burung Unta, dan Rusa. Dilanjutkan dengan wahana berkuda. Ada dua macam kuda yang bisa dtunggangi yaitu Kuda Poni dan Kuda Sandel. Dilihat dari postunya Asllan sepertinya lebih cocok naik Kuda Sandel, deh. Beli tiketnya di kontainer dekat dengan zona interaktif. Tiket naik Kuda Sandel seharga Rp. 35.000,- dengan rute 3 kali putaran. Selain itu ada fasilitas topi dan rompi. Sayangnya rompi yang tersedia adalah ukuran PAUD yang jelas gak muat di Asllan. Gak papa, deh. Pakai topi koboi juga keren kok.



sumber foto : koleksi pribadi


Turun dari Kuda Sandel kami melanjutkan perjalanan ke aviary burung. Dengan rute melingkar menjadikan pengunjung tidak bertabrakan karena mengikuti rute yang ditentukan. Sangat nyaman melihat beraneka ragam aves baik yang sedang bercengkerama di luar kandang maupun yang masih berada di dalam kandang.

sumber foto : koleksi pribadi


Di samping aviary terdapat kendang Bob Cat. Ya Ampunnn… ini sih Lokasi favorit orang serumah. Melihat kucing yang sedang ngantuk berat di dalam kendang dan dengan cueknya tidur di dalam kandang membuat kami gemes bangettt…


sumber foto : koleksi pribadi


Ternyata eh ternyata di sampingnya ada kandang Karakal. Duh, yang ini lebih menggemaskan lagi. Dihuni oleh dua ekor Karakal (mungkin sepasang betina dan Jantan) yang juga sedang tidur pulassss… mana pose tidurnya itu saling menindih kepala. Lucu bangetttt….


sumber foto : koleksi pribadi


Di samping karakal terdapat kendang kura-kura yang berisi Sulcata. Kemudian ada juga kandang ayam yang berisi beberapa jenis ayam, dan kandang primata juga reptil.

sumber foto : koleksi pribadi


Di lantai dua terdapat kandang kucing…Yes.. ini dia yang ditunggu-tunggu. Mulai dari Kucing Angora, Persia, Bengal, Several, dan Sphynx. Dari semua jenis itu yang bisa langsung berinteraksi dengan pengunjung adalah Kucing Anggora dan Persia. Tentu saja tidak kami sia-siakan kesempatan itu. Dengan aturan harus melepas alas kaki, kami bisa masuk dan mengelus para Angora dan Persia meskipun kebanyakan dari mereka sedang tidur pulas… (maaf ya, pus…. Kami mengganggu tidurmu).




sumber foto : koleksi pribadi


Selesai dari kandang kucing, lanjut dengan bermain flying fox. Hanya Asllan yang meluncur di flying fox dengan tiket seharga Rp. 30.000,-. Flying fox dimulai dari lantai 3 (Gedung bersebelahan dengan kucing) dan landing di atas kolam (kurang lebih 50 meter jarak luncurnya).

Nah, sebelum meninggalkan Suraloka, kami sempatkan makan siang terlebih dahulu. Menu yang kami pilih adalah mie ayam pangsit dan dimsum yang dapat ditemui pada container berdekatan dengan zona interaktif.

Selesai makan, maka berakhirlah petualangan di Suraloka Interactive Zoo. Saatnya melanjutkan perjalanan ke obwis berikutnya…